Tips Merawat Bayi Yang Baru Lahir



Tips Merawat Bayi Yang Baru Lahir [ www.BlogApaAja.com ]

Tips Cara Merawat Bayi Yang Baru Lahir !

Hadirnya seorang bayi dalam keluarga sangat membawa efek yang baik dalam keluarga, hal ini di karenakan bayi bisa membuat suasana rumah menjadi hangat dan menyenangkan, tetapi ada beberapa hal yang sangat penting untuk di ketahui dan diperhatikan, yaitu bagaimana cara memberikan perawatan bayi yang baru lahir serta tindakan apa yang harus dilakukan sang ibu dalam memberikan rasa aman dan nyaman bagi sang buah hati. Berikut adalah tips bagaimana cara merawat bayi yang baru lahir :

Berikan ASI secara teratur kepada sang buah hati.
Hal pertama yang harus dilakukan sang ibu ketika pertama kali melahirkan sang buah hati adalah memberikannya ASI, mengapa ASI ? karena ASI merupakan makanan yang baik untuk bayi, selain itu ASI juga mengandung kolostrum yang bisa memberikan anti body yang berguna untuk kekebalan tubuh sang buah hati . Berikan ASI sesering mungkin, untuk menghindari gejala bayi kuning, pemebrian ASI tidak mesti terjadwalkan , berikan sesering mungkin karena rasa lapar adalah pengalaman pertama sang buah hati yang baru lahir.

Mengapa Bayi Anda Harus Dibedong ?

Terkadang sudah menjadi Kebiasaan sang ibu untuk membedong bayinya, tanpa disadari apakah itu perlu untuk dilakukan? banyak fakta yang disampaikan beberapa dokter spesialis untuk tidak menganjurkan membedong bayi, katanya bisa merusak rangsangan gerak motorik bayi dan bedong bisa memberikan rasa agerah pada bayi.

Perawatan Tali Pusat

Seiring berkembangnya informasi dalam dunia kedokteran, perawatan tali pusat juga termasuk kategori cara merawat bayi baru lahir . tetap jaga tali pusat bayi anda, hindarkan dari hal-hal yang bisa membuat nya terinfeksi. Tali pusat yang berbau dengan warna kemerahan kemungkinan tali pusat bayi anda terinfeksi, cobalah untuk mengkonsultasikannya kepada dokterjika ini terjadi pada sang buah hati.

Popok bayi

Cobalah untuk segera mengganti popok atau pakaian bayi anda jika habis buang air atau BAB, jangan biarkan terlalu lama karna bisa menyebabkan iritasi kulit pada bayi anda, berikan body lotions yang baik dan lulus uji klinis, agar bayi anda tetap merasa nyaman.
Memandikan bayi

Memandikan bayi merupakan cara membersihkan bayi yang efektif , Mandikan bayi pagi dan sore hari dan gunakan sabun dan shampo khusus untuk bayi. Memandikan bayi bisa membuat bayi tenang dan tertidur pulas. Setelah memandikan bayi cobalah berikan pijatan lembut kepada bayi agar bayi merasa kalau kita telah memberikan kasih sayang sepenuh hati kepadanya.

Demikian lah sedikit tips bagaimana

cara merawat bayi yang baru lahir, selain hal di atas perlu di perhatikan juga suasana nyaman dilingkungan bayi kita, suasana hati sang ibu juga berpengaruh terhadap ketenangan bayi, tetap jagalah emosi anda ketika merawat bayi, berikan curahan kasih sayang sepenuh hati untuk sang bayi, dan berikan ia mainan yang bisa membuat bayi anda cerdas serta ajarkan ia segala yang bermanfaat sehingga kelak menjadi anak yang berguna, patuh terhadap orang tua dan agama dan mempunyai ahlak yang baik dan santun.

Follow On Twitter