Daftar Makanan Kaya Serat



Daftar Makanan Kaya Serat [ www.BlogApaAja.com ]

Serat dapat menurunkan gula darah, kolesterol, dan bahkan dapat mencegah kanker usus besar, dan membantu mencegah wasir.Untuk mendapatkan manfaat yang optimal seorang perempuan harus mengkonsumsi sekitar 25 gram serat per hari dan seorang pria setidaknya 35-40 gram serat per hari.

Tetapi ternyata hanya sedikit orang yang mengkonsumsi serat dalam jumlah yang cukup, rata-rata 15 gram serat per hari. Agar Anda dapat memenuhi kebutuhan serat maka sebaiknya Anda mengetahui bahan makanan yang mengandung banyak serat. Berikut ini adalah beberapa makanan kaya serat yang dianjurkan untuk dikonsumsi dalam menu harian seperti yang dikutip dari health.

Jagung

Berbagai jenis jagung memiliki kandungan nutrisi antioksidan. Pada sekitar setengah cangkir biji jagung, mengandung 2 gram serat. Popcorn juga merupakan makanan kaya serat dan rendah kalori. Popcorn dapat menyediakan sekitar 3,5 gram asupan serat per tiga cangkir penyajian.

Horicot

Selain kaya serat, kacang horikot juga sangat kaya protein, dan zat besi, dan juga merupakan salah satu potasium.

Kacang hitam/kedelai hitam (Black beans)

Kacang hitam dalam satu cangkir mengandung 15 gram serat dan sekitar 15 gram protein. Si kacang hitam juga mengandung flavonoid dalam kadar yang tinggi.

Kacang merah

Kacang merah yang kaya serat, protein dan zat besi.

Alpukat

Alpukat merupakan salah satu serat yang tinggi. Setiap 2 sendok makan alpukat mengandung sekitar 2 gram serat dan pada setiap satu buah utuh mengandung sekitar 10 gram serat. Alpukat juga merupakan yang sangat baik dari lemak tak jenuh yang dapat membantu menurunkan kolesterol dan mengurangi risiko penyakit jantung.

Pasta gandum

Pasta gandum merupakan salah satu alternatif untuk makanan kaya serat.

Beras merah

Setiap cangkir beras merah mengandung 3,5 gram serat.
"Peneliti Harvard baru-baru ini menemukan bahwa, makan lebih dari 5 porsi nasi putih dalam seminggu meningkatkan risiko diabetes tipe 2 sebesar 17 persen. Jika Anda menambahkan beberapa porsi beras merah per minggu akan dapat menurunkan risiko diabetes tipe 2 sebesar 11 persen."

Roti Gandum

Pada gandum utuh unsur-unsur gizi dan serat masih utuh, sehingga menjadikan roti gandum dalam makanan sehari-hari adalah pilihan diet yang baik untuk memenuhi asupan serat harian.

Buah Pir (pear)

Buah Pir yang dimakan bersama dengan kulitnya merupakan serat yang baik. Dalam satu buah pir (pear) ukuran sedang mengandung sekitar 5,5 gram serat.

Havermut

Oatmeal mengandung beta glucan, yang merupakan jenis khusus dari serat yang memiliki efek menurunkan kolesterol yang sangat kuat, dan juga dapat meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh.
"Oatmeal adalah campuran yang baik dari serat larut dan serat tidak larut. Serat tidak larut adalah jenis serat yang menurunkan kolesterol darah. Sedangkan serat tidak larut dapat membantu menjaga pencernaan Anda berjalan lancar."

Raspberi

Raspberry yang kaya serat dan sangat bergizi. Sekitar satu cangkir akan menyediakan sekitar sepertiga dari kebutuhan serat harian. Raspberry juga merupakan antioksidan kuat.

Kacang polong

Kacang yang diolah menjadi berbagai jenis makanan lezat adalah serat, serbaguna, dan murah. Satu cangkir kacang polong mengandung sekitar 16,3 gram serat, dan secangkir kacang polong beku mengandung sekitar 8,8 gram serat.

Brokoli

Selain mencegah kanker, sayuran ini juga mengandung serat beberapa. Sekitar 5.1 gram serat dapat diperoleh dari secangkir brokoli rebus.

Apel

Anda harus makan apel dengan kulit nya jika ingin mendapatkan seratnya dan beberapa zat kimia bermanfaat lainnya. Sebuah apel ukuran biasa dapat mengandung sekitar 4,4 gram serat.

Kacang almond

Almond dan hampir semua kacang-kacangan lainnya merupakan serat yang sangat baik, namun karena kandungan kalori almond yang cukup tinggi, maka Anda harus membatasi konsumsinya.

Follow On Twitter